Metode Partisipasi Melalui Pembelajaran Di Luar Kelas





Menurut pernyataan Suyatno (2009: 44) Mengatakan bahwa, “Metode partisipan adalah metode pembelajaran yang lebih menekankan keterlibatan siswa secara penuh. Dalam hal ini siswa dianggap sebagai penentu keberhasilan belajar. Dengan berpatisipasi aktif sehingga, siswa dapat menemukan hasil belajar. Sedangkan guru hanya bersifat sebagai pemandu atau fasilitator”.

Partisipasi merupakan buah pikiran yang berupa sumbangan ide, pendapat atau buah pikiran konstruktif, baik untuk menyusun program maupun untuk memperlancar pelaksanaan program untuk mewujudkan hasil belajar yang baik dengan memberikan pengalaman dan pengetahuan guna mengembangkan kegiatan yang diikuti.
            Berdasarkan pengertian di atas dapat diketahui bahwa keterlibatan peserta didik dalam segala kegiatan  yang dilaksanakan dalam proses belajar mengajar.  Partisipasi belajar di luar kelas adalah metode yang lebih menekankan keterlibatan siswa secara penuh untuk membangun pengetahuan dan keterampilan dengan didasari pengalaman yang didapat dari pembelajaran di luar kelas dengan memberi serangkaian situasi belajar dalam bentuk keterlibatan pengalaman yang sesungguhnya yang dirancang oleh guru.

Posting Komentar

0 Komentar