MENCERMATI PARADIGMA PENDIDIKAN INTERNASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA

ABSTRAK
Pendidikan merupakan sebuah sarana untuk mendidik anak-anak bangsa sebagai generasi penerus dengan cara yang elegan. Artinya pendidikan bukanlah sekedar menjejali anak didik dengan bahan-bahan mata pelajaran yang sifatnya monoton, yang pada akhirnya menimbulkan rasa jenuh yang muaranya adalah rendahnya kualitas peserta didik nantinya.
Karena didorong oleh kekhawatiran itulah dimunculkan ide untuk membuka pendidikan internasional, yang bertujuan meminimalisir jarak ketertinggalan pola dan metode Indonesia agar lebih sejajar dengan negara-negara lain yang sudah maju dan mapan pendidikannya. Akan tetapi, munculnya pendidikan internasional ternyata tidak diiringi dengan pemahaman yang komprehensif tentang makna, tujuan, metode pendidikan internasional, yang pada akhirnya memunculkan istilah lain yaitu rintisan sekolah bertaraf internasional atau sekolah bertaraf internasional. Padahal kedua istilah ini memiliki terminologi yang berbeda satu dengan yang lainnya.

            Tulisan ini akan mendeskripsikan plus minus pendidikan internasional dan eksistensi sekolah bertaraf internasional, apakah mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia atau tidak

Posting Komentar

0 Komentar