Rancangan Pendidikan Dalam Menghadapi Era Society 5.0


Perkembangan dunia pendidikan telah memasuki masa yang sangat serius, tidak hanya dalam upaya pendidikan tetapi juga dalam upaya masa depan pendidikan itu sendiri. Pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membuat beberapa program yang tujuannya memeprsiapkan sumber daya manusia di masa yang akan datang melalui pendidikan. Salah satu cara untuk memperbaiki sumber daya manusia yaitu lewat pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah sektor yang strategis untuk memperbaiki masalah yang ada mulai dari dasarnya. Jika berbicara tentang pendidikan tentunya tidak mudah dalam proses maupun operasionalnya. Apalagi, kebijakan pendidikan di Indonesia bersifat dinamis atau beruba-ubah. Tentunya perubahan tersebut bukan tanpa alasan. Perubahan tersebut memang terjadi karena adanya perubahan zaman. Jika kita tidak dapat mengikuti perubahan zaman maka kita akan tertinggal oleh negara-negara lain. Belum selesai, akan hiruk pikuknya revolusi 4.0, kita kembali dikejutkan dengan adanya society 5.0. Era Society 5.0 adalah masa dimana manusia lebih pintar menggunakan ilmu pengetahuan yang berbasis teknologi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Melalui kecanggihan Era Society 5.0 kecerdasan buatan (AI) akan mentransformasi big data melalui internet dari segala bidang kehidupan yang akan didedikasikan untuk kemampuan manusia dalam membuka peluang-peluang baru. Dengan konsep Society 5.0 masyarakat mampu menikmati dan merasa nyaman dengan adanya perkembangan yang akan terjadi.

Rancangan yang perlu dilakukan untuk menuju era society 5.0 dalam dunia pendidikan membutuhkan regulasi yang jelas sehingga tidak menimbulkan multitafsir dalam mengimplementasikannya. Hal ini tentu akan melibatkan berbagai bidang keilmuan untuk merancang paradigma baru. Dengan demikian, untuk tercapainya tujuan pendidikan maka harus melibatkan berbagai komponen pendidikan seperti peserta didik, pendidik, kurikulum, sarana dan prasarana, proses belajar mengajar, media belajar, dan pemerintahan. Untuk mewujudkan Era Society 5.0 peserta didik tidak cukup hanya sebatas memahami atau diberikan sebuah teori saja. Karena cara berpikir akan membiasakan peserta didik dalam beradaptasi ke depannya. Berikut ini disajikan empat hal yang harus kita persiapkan untuk menjawab tantangan pendidikan Society 5.0

1.     - Mampu berpikir krtitis

-Pada masa berpikir kritis kita mampu mengedepankan atau menjawab tantangan yang ada.

2.      -Mampu menyelesaikan masalah secara kompleks

3.     - Memiliki tingkat kreativitas

4.      -Mempu berkolaborasi

Dalam pendidikan siswa juga harus diajarkan untuk lebih bijak dalam menggunakan peralatan teknologi seperti smartphone, tablet, ataupun laptop yang terkoneksi internet. Hal tersebut dapat diupayakan melalui beberapa program literasi media ataupun literasi digital yang diimplementasikan melalui beberapa mata pelajaran yang terkait. Oleh karena itu, pendidikan harus dipersiapkan dengan matang agar relevan dengan tujuan pendidikan Era Society 5.0 sebagai pembenahan dari era sebelumnya yaitu teknologi yang lebih bersahabat dengan manusia.

Bagaimanapun kondisi yang dihadapi saat ini, siap tidak siap dunia pendidikan harus mampu menghapi Era Society 5.0. Dengan menggunakan metode pembelajaran pendidikan yang tepat generasi muda akan siap menghadapi tantangan dan perubahan yang terjadi dengan mengutamakan kemampuan berpikir kritis, dan berinovasi menuju era Society 5.0 sesuai prinsip dan tujuan pendidikan.

 

Posting Komentar

0 Komentar