Strategi Ampuh Ciptakan Pembelajaran Yang Efektif

 



Guru yang mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan kreatif akan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan bagi peserta didik. Untuk mencapainya dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan tidak terjadi secara kebetulan. Ini merupakan sekumpulan perspektif di mana peserta didik dan guru antusias terlibat dalam belajar, menikmati tantangan, dan menjaga keberhasilan dan kegagalan. Setidaknya ada empat strategi sebagai guru untuk bekerja dalam memperoleh yang terbaik.

a. Bertekunlah untuk tetap positif

Untuk calon guru yang sedang berlatih, musuh terbesar adalah takut gagal, meskipun fakta bahwa sebagian besar calon guru yang sedang berlatih dapat mencapai sukses. Setiap pengalaman mengajar memiliki pasang surut: pengalaman ini menunjukkan bahwa mengajar secara profesional berlangsung dan tidak boleh dipandang sebagai indikator ketidakmampuan.

b. Melihat mengajar sebagai sebuah petualangan

Mencerminkan kekuatan dan kelemahan tapi menghindari merenung lebih banyak terhadap kekurangan. Mengajar adalah pekerjaan mendebarkan tapi merupakan pekerjaan yang kompleks, membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri menjadi dewasa. Melatih diri untuk tersenyum pada kesalahan kecil dan bertindak untuk memperbaikinya bukan merenung dan lantas sedih.

c. Menolak untuk mengadopsi mentalitas yang kurang baik

Sebagai calon guru yang sedang berlatih, pastikan untuk tetap sepenuhnya mengikuti pelatihan dan cara penilaian proses, yang berdampak pada kemajuan untuk mencapai sukses. Jika terdapat rasa kecemasan takut tidak mencapai sukses, segera mengambil tindakan. Tuliskan sifat kekhawatirannya dan upayakan sampai menemukan masalahnya dan terus lakukan sampai pada akhirnya mengalami ketenangan pikiran.

d. Berlatih keterampilan mengajar dengan rajin

Sebagaimana halnya perajin atau pemain, mengajar melibatkan seni yang cukup besar, sehingga memikirkan strategi dan pendekatan merupakan pekerjaan yang memerlukan banyak perhatian, sebagaimana halnya sebagai ahli bedah akan banyak berlatih terlebih dahulu sebelum melakukan operasi besar. Berlatih dan berlatih terus, seperti berlatih cara berbicara, menjelaskan fakta-fakta dan mengajukan pertanyaan. Dalam bercita-cita untuk mencapai sandar yang tinggi, bagi calon guru akan berbeda dengan ahli bedah yang standarnya jika tidak membuat kesalahan dalam melakukan operasinya maka pasien akan hidup. Bagi calon guru, adanya tuntutan dan tingkat komitmen yang tinggi diperlukan dalam mengajar, mengingat profesi guru merupakan salah satu karier yang paling bermanfaat bagi kehidupan manusia. Yang harus menjadi inspirasi sampai ke lubuk hati paling dalam bagi calon guru, salah satunya bahwa pengetahuan dan keterampilan serta kepribadian guru sangat membantu untuk membentuk dan mencetak generasi berikutnya.

Berikut ini dikemukakan standar guru yang mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif.

a. Menetapkan harapan tinggi, sehingga mampu menginspirasi, memotivasi dan menantang peserta didik.

  • ·   Guru menciptakan lingkungan yang aman dan merangsang peserta didik, berakar pada saling        menghormati.
  • ·    Menetapkan tujuan yang membentang dan menantang peserta didik dari semua latar belakang,      kemampuan dan disposisi atau kepribadian.
  • ·   Menunjukkan secara konsisten sikap positif, nilai-nilai dan perilaku yang diharapkan peserta       didik.

b. Mempromosikan kemajuan dan hasil yang baik terhadap peserta didik.

  • ·         Bertanggung jawab terhadap pencapaian, kemajuan dan hasil yang dicapai peserta didik.
  • ·   Pembelajaran direncanakan untuk membangun kemampuan peserta didik dan pengetahuan   sebelumnya.
  • ·    Peserta didik dipandu untuk merefleksikan kemajuan yang telah mereka buat dan kebutuhan   mereka yang muncul.
  • ·  Menunjukkan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana peserta didik belajar dan bagaimana dampaknya terhadap pembelajaran.
  • ·    Mendorong peserta didik untuk mengambil sikap bertanggung jawab dan teliti untuk pekerjaan mereka sendiri dan belajar.

c. Menunjukkan pengetahuan dan penguasaan terhadap materi pembelajaran (subjek) dan kurikulum dengan baik.

  • ·   Memiliki pengetahuan yang aman dalam subjek yang relevan dan bidang kurikulum, meningkatkan dan mempertahankan minat peserta didik dalam subjek, dan mengarahkan kesalahpahaman.
  •    Menunjukkan pemahaman secara kritis dalam perkembangan subjek dan area kurikulum, dan mempromosikan nilai dari pengetahuan.
  •      Menunjukkan pemahaman tentang dan mengambil tanggung jawab untuk mempromosikan standar melek huruf, artikulasi yang tinggi dan penggunaan yang benar dari bahasa standar, apa pun subjek spesialis guru

d. Merencanakan dan menciptakan pembelajaran yang terstruktur dengan baik.

  • ·    Memberikan pengetahuan dan mengembangkan pemahaman melalui penggunaan pembelajaran yang efektif.
  • ·         Mempromosikan agar peserta didik cinta belajar dan rasa ingin tahu secara intelektual.
  • ·   Mengatur pekerjaan rumah dan juga merencanakan out-of-class activities untuk mengonsolidasikan dan memperluas pengetahuan dan pemahaman yang telah diperoleh peserta didik.
  • ·         Merefleksi secara sistematis terhadap efektivitas pembelajaran dan pendekatan pembelajaran.
  • ·    Berkontribusi pada desain dan terkait dengan ketentuan kurikulum dalam pembelajaran yang relevan.

e. Menyesuaikan pembelajaran untuk menanggapi kekuatan dan kebutuhan semua peserta didik

  • ·  Mengetahui kapan dan bagaimana untuk membedakan secara tepat, dalam menggunakan pendekatan yang memungkinkan peserta didik belajar secara efektif.
  • ·   Memiliki pemahaman yang kuat bagaimana berbagai faktor dapat menghambat kemampuan peserta didik untuk belajar, dan cara yang terbaik untuk mengatasinya.
  • ·    Menunjukkan kesadaran terhadap pentingnya pembangunan fisik, sosial dan intelektual peserta didik, dan tahu bagaimana menyesuaikan pembelajaran untuk mendukung pendidikan peserta didik di berbagai tahap perkembangan.
  • ·      Memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhan semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan pendidikan khusus, peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi, peserta didik yang memerlukan tambahan kemampuan berbahasa: mereka yang cacat: dan dapat menggunakan dan mengevaluasi pendekatan pembelajaran yang khas untuk terlibat dan mendukung mereka.

f. Membuat akurat dan menggunakan penilaian yang produktif

  • ·   Mengetahui dan memahami bagaimana menilai subjek yang relevan dan bidang kurikulum, termasuk persyaratan aturan dalam penilaian.
  • ·         Menggunakan penilaian formatif dan sumatif untuk menggambarkan kemajuan peserta didik.
  • ·     Menggunakan data yang relevan untuk memantau kemajuan, target yang ditetapkan, dan untuk perencanaan pembelajaran berikutnya.
  • ·  Memberikan peserta didik umpan balik, baik secara lisan dan melalui akurasi tanda, dan mendorong peserta didik untuk menanggapi umpan balik.

g. Mengelola perilaku agar efektif untuk memastikan lingkungan belajar yang baik dan aman:

  • ·         Memiliki aturan yang jelas dan rutinitas untuk perilaku di kelas, dan mengambil tanggung jawab untuk mempromosikan perilaku yang baik dan sopan, baik di kelas maupun di sekitar sekolah, sesuai dengan kebijakan perilaku sekolah.
  • ·      Memiliki harapan yang tinggi dari perilaku, dan menetapkan kerangka kerja untuk disiplin dengan berbagai strategi, menggunakan pujian, sanksi dan penghargaan secara konsisten dan adil.
  • ·         Mengelola kelas secara efektif, menggunakan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk melibatkan dan memotivasi mereka.
  • ·      Menjaga hubungan baik dengan peserta didik, menggunakan wewenang yang tepat, dan bertindak tegas bila diperlukan.

h. Memenuhi tanggung jawab profesional dengan lebih luas

  • ·         Memberikan kontribusi positif untuk kehidupan yang lebih luas dan etos sekolah.
  • ·         Mengembangkan hubungan profesional yang efektif dengan rekan-rekan, mengetahui bagaimana dan kapan harus menarik saran dan dukungan spesialis,
  • ·     Mengambil tanggung jawab untuk meningkatkan pembelajaran melalui pengembangan profesional yang tepat, menanggapi saran dan masukan dari rekan-rekan.
  • ·    Berkomunikasi dengan orang tua secara efektif berkaitan dengan prestasi dan kesejahteraan peserta didik.

Posting Komentar

0 Komentar