Model Pembelajaran Brainstorming

Dalam kegiatan belajar mengajar guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat. Usaha yang harus dilakukan oleh guru dalam belajar mengajar dan melaksanakan kegiatan pengajaran merupakan bagian penting dalam keberhasilan untuk mencapai tujuan yang direncanakan.
Roestiyah (2008) bahwa Brainstorming adalah suatu model atau cara mengajar yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Ialah dengan melontarkan suatu masalah kekelas oleh guru, kemudian siswa menjawab atau menyatakan
pendapat, atau berkomentar sehingga mungkin masalah tersebut berkembang menjadi msalah baru, atau dapat diartikan pula sebagai satu cara untuk mendapatkan banyak ide dari sekelompok manusia dalam waktu yang sangat singkat. Langakah –langkah pembelajaran yang menggunakan model Pembelajaran Brainstorming menurut Sudjana ( 2001) :
1.      Pendidik menyusun pertanyaan-pertanyaan tentang kebutuhan belajar
2.   Pendidikan menyampaikan pertanyaan 1a 1b dan 1c secra berurutan kepada seluruh siswa dalam kelompok
3.      Pendidik menjelaskan aturan-aturan yang harus diperhatikan oleh para peserta didik.
4.      Pendidik memberitahukan waktu yang akan digunakan.
5.     Pendidik boleh menunjuk seorang penulis untuk mencatat pendapat dan jawaban yang diajukan siswa dan dapat pula menunjuk sebuah tim untuk mengevaluasi bagaimana proses dan hasil penggunaan model ini.

Posting Komentar

0 Komentar