Model ROPES

Hunts tidak mengkategorikan perencanaan pengajaran menjadi rencana menjadi rencana semester, mingguan, dan harian.  Akan tetapi Hunts menyebutnya rencana prosedur pembelajaran sebagai persiapan mengajar yang disebutnya ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary), dengan langkah-langkah sebagai berikut :

3.1.  Review : Mencoba mengukur kesiapan siswa mempelajari bahan ajar dengan melihat pengalaman sebelumnya yang sudah dimiliki oleh siswa dan diperlukan sebagai prerequiste untuk memahami bahan yang disimpulkan hari itu.
3.2.  Overview : Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pandangannya atas lankah-langkah pembelajaran yang hendak ditempuh oleh guru sehingga berlangsungnya proses pembelajaran bukan hanya milik guru semata, akan tetapi siswa pun ikut merasa`senang dan merasa dihargai keberadaannya.
3.3.  Presentation : Guru sudah masuk kepada proses telling, showing, dan doing.  Proses ini sangat diperlukan untuk meningkatkan daya ingat siswa.
3.4.  Exercise : Memberikan siswa latihan-latihan agar siswa dapat mempraktekkan apa yang telah mereka pahami untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa.
3.5.      Summary :Mengambil sebuah kesimpulan dari apa yang telah dipelajari adalah hal yang sangat penting dan jangan sampai terlupakan karena dengan diambilnya suatu kesimpulan menrupakan penguatan yang dapat diingat oleh siswa

Posting Komentar

0 Komentar