Hunts
tidak mengkategorikan perencanaan pengajaran menjadi rencana menjadi rencana
semester, mingguan, dan harian. Akan
tetapi Hunts menyebutnya rencana prosedur pembelajaran sebagai persiapan
mengajar yang disebutnya ROPES (Review,
Overview, Presentation, Exercise, Summary), dengan langkah-langkah sebagai
berikut :
3.1. Review : Mencoba mengukur kesiapan siswa mempelajari bahan ajar dengan melihat pengalaman sebelumnya yang sudah dimiliki oleh siswa dan diperlukan sebagai prerequiste untuk memahami bahan yang disimpulkan hari itu.
3.3. Presentation
: Guru sudah masuk kepada proses telling,
showing, dan doing. Proses ini
sangat diperlukan untuk meningkatkan daya ingat siswa.
3.4. Exercise
: Memberikan siswa latihan-latihan agar siswa dapat mempraktekkan apa yang
telah mereka pahami untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa.
3.5. Summary :Mengambil sebuah kesimpulan
dari apa yang telah dipelajari adalah hal yang sangat penting dan jangan sampai
terlupakan karena dengan diambilnya suatu kesimpulan menrupakan penguatan yang
dapat diingat oleh siswa
0 Komentar