Pengertian Belajar Menurut Beberapa Ahli

Belajar sudah seharusnya mengarah kepada hal-hal yang positif dan bersifat membangun. Setiap individu dapat belajar dari lingkungan sekitarnya seperti di sekolah, rumah, lingkungan pergaulan/masyarakat, laboratorium, museum dan yang lainnya. Berikut dibawah ini beberapa pengertian belajar menurut para ahli:

  1. Pengertian belajar menurut Thursan Hakim: Thursan Hakim mengatakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia dimana perubahan tersebut ditunjukkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan lainnya.
  2. Pengertian belajar menurut M. Sobry Sutikno: Menurut M. Sobry Sutikno, belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan suatu perubahanyang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya
  3. Pengertian belajar menurut Skinner: Skinner mendefinisikan belajar sebagai “learning is a process of progressive behavior adaption“. Artinya, belajar adalah suatu proses adaptasi perilaku yang bersifat progresif (mengarah kepada kemajuan/hal-hal positif).
  4. Pengertian belajar menurut Ernest R. Hilgard: Di dalam (Sumadi Suryabrata, 1984:252), Ernest R. Hilgard mengemukakan bahwa belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh yang lainnya. Sifat perubahannya bersifat relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak dapat diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.
  5. Pengertian belajar menurut C. T. Morgan: Adapun menurut C.T. Morgan, belajar didefinisikan sebagai “learning can be defined as any relatively permanent change in behavior which accurs as a result of practice or experience”. Artinya, belajar dapat didefinisikan sebagai setiap perubahan perilaku yang relatif permanen yang terjadi sebagai akibat dari praktek/latihan atau pengalaman.
  6. Pengertian belajar menurut Hilgard & Bower: Didalam buku Theories of Learning (1975), Hilgard & Bower mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang terhadap suatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi tersebut, dimana perubahan tingkah laku tersebut tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respons pembawaan, pematangan atau keadaan-keadaan sesaat seseorang (misalnya kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya).

Posting Komentar

0 Komentar