Matematika dan Kehidupan Memahami Lebih Jauh Maknanya

Tidak sedikit orang mulai melupakan tentang hubungan matematika dan kehidupan, padahal ketika melihat ke beberapa ribu tahun lalu, orang senantiasa hidup berdampingan dengannya. Mulai dari perhitungan hingga membahas tentang seni. Hal ini terjadi karena memahami matematika dari sudut pandang sempit, yaitu berkaitan dengan rumus – rumus saja, padahal rumus tersebut hanyalah alat untuk memudahkan memahami berbagai fenomena. Tetapi pola belajar yang tidak pas, membuar orang mengasosiasikannya dengan itu.

Matematika dan Kehidupan Betapa Eratnya Manusia Berinteraksi dengannya

Ketika melihat lagi bagaimana konsep matematika berkembang, pada mulanya berawal dari perhitungan sederhana, Kemudian berkembang lagi menjadi memahami pola atau keterkaitan di antara berbagai realitas, muncullah logika matematika beserta rumusnya.

Begitu juga ketika berhubungan dengan bangun ruang atau bangun datar, tidak hanya tentang bagaimana bentuknya tetapi bagaimana ukurannya. Dari pemahaman tersebut manusia telah mencapai era baru dalam menghasilkan berbagai bangunan tempat tinggal.

Manusia pada dasarnya tidak ingin tinggal dalam tempat biasa, kotak ataupun bulat, tetapi harus menunjukkan kemegahan. Berbagai jenis konstruksi artitektural berukuran besar dilakukan, berbagai perhitungan dijalankan demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak terbatas pada hal teknis berbau logika, bahkan para seniman juga mulai menerapkannya, terlebih ketika mengenal tentang geometri serta alat – alatnya. Berbagai ilmuwan mulai bermain dengan bentuk atau pola, menghasilkan berbagai dekorasi mempesona.

Apabila melihat ke arsitektural di zaman dahulu, terlebih arsitektural umat islam, berbagai gambar geometris menjadi dasar karya seninya. Selain karena pengaruh ajarannya, juga karena pengaruh pemahaman matematikanya mulai menyebar luas.

Tetapi inti eratnya tidak pada hal itu, manusia senantiasa hidup berdampingan dengannya dalam bentuk paling sederhana, yaitu mengenali berbagai pola. Tidak berkaitan dengan rumus, bentuk, atau perhitungan, tetapi mempelajari tentang pola.

Contohnya dalam kehidupan sehari – hari, ketika mengamati perilaku teman, apabila ada perilaku berbeda sedikit saja, secara otomatis akan merasa aneh. “ini tidak seperti biasanya” itu adalah kesimpulan sementara kamu, dari situ mulai dicari tahu ada masalah apa.

Pemahaman dan penerapan tentang ini memang tidak disadari, tetapi itu adalah peranan matematika serta titik tolak manusia bisa mencapai kemajuan teknologi. Memahami matematika dan kehidupan diharapkan memunculkan kesadaran serta kecintaan mempelajarinya. 

Posting Komentar

0 Komentar