Teknologi Digital Sebagai Penopang Pembelajaran Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 hingga kini menjadi isu utama di berbagai dunia bahkan Tanah Air. Setelah pemerintah memberlakukan kebijakan adaptasi kebiasaan baru sebagai pelonggaran kebijakan PSBB, dan melakukan PPKM yang sampai saat ini masih berlaku walaupun sudah di turunkan Levelnya, hal ini diharapkan akan mampu menghidupkan kembali suasana pendidikan yang sempat 'lumpuh'.

Masyarakat Indonesia saat ini diharuskan bisa beradaptasi dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin seperti anjuran pemerintah baik di rumah maupun diluar rumah terutama didalam lingkungan sekolah. saat ini sudah hampir semua lembaga pendidikan memanfaatkan teknologi digital dalam proses pendidikan. ini tidak bisa di pungkiri oleh smua pengelola pendidikan. tidak sedikit pengelola pendidikan yang selama ini tutup mata akan teknologi digital, diminta untuk buka mata dalam hal ini. ini dapat dilihat dari penerapannya teknologi dalam pembelajaran saat pandemi ini. 90% dunia pendidikan memanfaatkan teknologi, seperti sosial media, aplikasi pembelajaran Moodle, Website, Aplikasi meeting dan lainnya.

Dalam hal ini, teknologi digital sangat berperan aktif sehingga penjadi penopang proses pendidikan yang berjalan. dengan penerapan ini, bukan berarti peran guru dan komponen lain tidak berperan. tetapi dengan pemanfaatan teknologi ini malah menimbulkan gairah baru dalam pembelajaran, terkhusus disaat pandemi ini.

Posting Komentar

0 Komentar