Percaya Diri Dengan Hitungan Detik? Teknik NLP Solusinya


Setiap orang pasti pernah menghadapi situasi-situasi tertentu yang mengharuskan seseorang untuk tampil secara sempurna seperti padasaat reunian, presentasi, bertemu dengan relasi dan lain-lain. Hanya saja sebelum agenda tersebut terlaksana munculnya kekhawatiran dan rasa ketidakpercayaan pada diri. Padahal secara logika hal tersebut belum terjadi bukan? Lantas mengapa bisa terjadi hal yang demikian? Jawabannya adalah jelas dikarenakan persepsi yang terlahir dai program-program yang salah bersemayam di dalam diri kita, suatu program ini disebut dengan ‘Ego State’ yang mana ‘ego state’ ini terlahir dari sebuah pengalaman yang pernah terjadi di dalam diri seseorang. Misalnya pengalaman ditertawakan oleh teman sekelas pada saat presentasi ataupun hal lainnya yangmembuat dirinya minder atau berkurang rasa percaya diri. Emosi yang intens tersebutlah yang membuat terlahirnya sebuah program dalam dirinya yang membuat ia merasa enggan untuk tampil di depan publik.

Berikut ini akan disajikan bagimana menciptakan rasa kepercayaan diri dengan hitungan detik dilakukan melalui penginstalan kembali program-program percaya diri ke dalam pikiran bawah sadar. Kita akan mencari alat-alat berupa pengalaman yang pernah dialami. Pertama kita harus menelusuri pengalaman-pengalaman saat kita berada pada kondisi percaya diri, yang intinya pada saat terjadi pengalaman tersebut kita berada di ‘state percaya diri’ penuh gairah antusias dan bersemangat. Setelah berada di fase tersebut saatnya untuk menginstal kembali program-program ke dalam pikiran bawah sadar berikut caranya:

1.      Rilekskan pikiran dan tubuh kamu, dan duduklah dalam posisi yang santai dan nyaman, ataupun berbaring. Fokuskan perhatian pada keluar masuknya nafas dan niatkan dalam diri memasuki kondisi yang rileks dan nyaman. Kemudian telusuri pengalaman yang terjadi pada diri kamu sesuai dengan instruksi. Hayati dengan detail pengalaman tersebut, rasakan sensasinya ketika berada dalam pengalaman tersebut dan buatlah seolah-olah pengalaman tersebut sedang terjadi saat ini. Dalam dunia NLP hal ini disebut dengan “Association”.

2.      Perkuat gambaran pengalaman tersebut. Rasakan seolah-olah terdapat semacam energi yang mengalir ke dalam sejujur tubuh kamu. Kemudian hayati suara-suara yang ada disekitar kamu pada saat pengalaman tersebut terjadi. Kuncinya pada tahap ini adalah hayati dan rasakan.

3.      Setelah emosi berada pada puncaknya. Buatlah sebuah penanda atau Anchor. Boleh dengan mengepalkan tangan, menyatukan jari telunjuk dengan Ibu jari ataupun jari tengah atau sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Kemudian katakan di dalam hati secara jelas dan tegas “Power”. Kemudian katakan juga di dalam hati ‘Saya akan memasuki kondisi percaya diri setiap kali saya mengepalkan tangan’ atau gerakan lainnya sesuai dengan selera sembari mengatakan ‘Power’. Hal tersebut merupakan Anchor atau jangkar penaut asosiasi sehingga kita melakukan Anchor tersebut secara otomatis kondisi emosi kita akan menjadi percaya diri. Jika kamu masih bingung apa yang dimaksud dengan Anchor, berikut ini contohnya:

Pernahkah kamu mendengarkan musik tertentu kemudian jadi ingat dengan seseorang ataupun kejadian tertentu yang membuat kamu ingat dengan sesorang. Itu merupakan contoh dari Anchor itu sendiri.

4.      Melakukan pengujian terhadap Anchor, setelah selesai menginstal Anchor tersebut. Kemudian lakukan uji kembali dengan gerakan pemicu yang telah diinstal. Jika kamu sudah menguji pemicu kemudian mendadak merasakan degupan pada dada menjadi lebih Percaya Diri berarti Anchor telah berhasil diinstal. Lakukan pengujian terus, agar Anchor benar-benar terinstal kuat di dalam diri.

Jadi demikianlah tips percaya diri dengan hitungan detik. Ingatlah kunci sukses di dalam teknik ini yaitu kemampuan kamu dalam menggali pengalaman yang memiliki intensitas emosi percaya diri yang kuat.

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar